Benarkah Ajaran Nabi Ibrahim Sampai Di Tanah Jawa Indonesia (2)

Benarkah Ratu Saba (Bilqis) Berasal dari Jawa???
Sejak masih kecil kita sudah diajarkan tentang sejarah Candi Borobudur yang merupakan Candi Budha terbesar di Indonesia yang dibangun pada masa dinasti Syailendra. Lalu kenapa bisa dikatakan dibangun oleh Nabi Sulaiman? Duluan mana Budha dengan Nabi Sulaiman? mari kita lihat dulu latar belakang secara agama. 

Ratu Balqis Tunduk Kepada Nabi Sulaiman

Setelah membangunkan Baitul Muqaddis, Nabi Sulaiman menuju ke Yaman. Tiba di sana, disuruhnya burung hud-hud (sejenis pelatuk) mencari sumber air. Tetapi burung berkenaan tiada ketika dipanggil. Ketiadaan burung hud-hud menimbulkan kemarahan Sulaiman. Selepas itu burung hud-hud datang kepada Nabi Sulaiman dan berkata: "Aku telah terbang untuk mengintip dan terjumpa suatu yang sangat penting untuk diketahui oleh tuan..."

Firman Allah, bermaksud: "Maka tidak lama kemudian datanglah hud-hud, lalu ia berkata; aku telah mengetahui sesuatu, yang kamu belum mengetahuinya dan aku bawa kepadamu dari negeri Saba suatu berita penting yang diyakini.

"Sesungguhnya aku menjumpai seorang wanita yang memerintah mereka dan dia dianugerahi segala sesuatu serta mempunyai singgasana yang besar. Aku mendapati dia dan kaumnya menyembah matahari, selain Allah..."

Mendengar berita itu, Nabi Sulaiman mengutuskan surat mengandungi nasihat supaya menyembah Allah kepada Ratu Balqis. Surat itu dibawa burung hud-hud dan diterima sendiri Ratu Balqis. Selepas dibaca surat itu, Ratu Balqis menghantarkan utusan bersama hadiah kepada Sulaiman. Dalam al-Quran diceritakan: "Tatkala utusan itu sampai kepada Nabi Sulaiman, seraya berkata; apakah patut kamu menolong aku dengan harta?

"Sesungguhnya apa yang diberikan Allah kepadaku lebih baik daripada apa yang diberikannya kepadamu, tetapi kamu merasa bangga dengan hadiahmu.

"Kembalilah kepada mereka, sungguh kami akan mendatangi mereka dengan bala tentara yang mereka tidak mampu melawannya dan pasti kami akan mengusir mereka dari negeri itu (Saba) dengan terhina dan mereka menjadi tawanan yang tidak berharga."

Utusan itu kembali ke negeri Saba dan menceritakan pengalaman yang dialami di Yaman kepada Ratu Balqis, sehingga dia berhajat untuk berjumpa sendiri dengan Sulaiman. Keinginan Ratu Balqis untuk datang itu diketahui Nabi Sulaiman terlebih dulu. Beliau segera memerintahkan seluruh tentaranya yang terdiri dari manusia, hewan dan jin untuk membuat persiapan bagi menyambut kedatangan Ratu Balqis. Nabi Sulaiman kemudian menitahkan untuk memindahkan singasana Ratu Balqis ke istana beliau.

Surah An-Naml

38. Berkata Sulaiman: "Hai pembesar-pembesar, siapakah di antara kamu sekalian yang sanggup membawa singgasananya kepadaku sebelum mereka datang kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri."

39. Berkata Ifrit (yang cerdik) dari golongan jin: "Aku akan datang kepadamu dengan membawa singgsana itu kepadamu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu; sesungguhnya aku benar-benar kuat untuk membawanya lagi dapat dipercaya."

40. Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari AI Kitab "Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip." Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, iapun berkata: "Ini termasuk kurnia Tuhanku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya). Dan barangsiapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barangsiapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia."

41. Dia berkata: "Robahlah baginya singgasananya; maka kita akan melihat apakah dia mengenal ataukah dia termasuk orang-orang yang tidak mengenal(nya)."

Manakala Ratu Balqis tiba, ia ditanya oleh Sulaiman: "Seperti inikah singgahsanamu?" Dengan terperanjat, Ratu Balqis menjawab: "Seakan-akan singgasana ini singgasanaku" Kemudian Ratu Balqis dipersilakan masuk ke istana Nabi Sulaiman. Namun, ketika berjalan di istana itu, sekali lagi Ratu Balqis terpedaya, karena menyangka lantai istana Sulaiman terbuat dari air, sehingga ia menyingkap kainnya.

Firman Allah yang bermaksud: Dikatakan kepadanya; masuklah ke dalam istana. Maka tatkala dia (Ratu Balqis) melihat lantai istana itu, dikiranya air yang besar dan disingkapkannya kedua betisnya.

Berkatalah Sulaiman; "sesungguhnya ia istana licin yang diperbuat daripada kaca". Berkatalah Balqis; "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah berbuat zalim terhadap diriku dan aku berserah diri bersama Sulaiman dan kepada Allah, Tuhan semesta alam."

Peristiwa itu menyebabkan Ratu Balqis berasa sangat aib dan menyadari kelemahannya, sehingga dia memohon ampun atas kesilapannya selama ini dan akhirnya dia diperisterikan oleh Nabi Sulaiman.




Arkeolog Dari Inggris Menemukan harta karun Milik Ratu Saba

Cerita raja cantik Ratu Balqis atau juga Ratu Sheba /Saba sangat menarik untuk di  ikuti, banyak film yang mengangkat tentang kecantikan ratu Balqis,  selain kecantikannya yang sangat tersohor ratu ini memiliki harta yang sangat banyak, dan masih menjadi misteri dimanakah kekayaanya di simpan,  seperti halnya kekayaannya Raja Sulaiman.

Arkeolog  dari Inggris mengklaim telah menemukan tambang harta karun  milik Ratu  Sheba, yang juga sohor dengan sebutan Ratu Bilqis dari Kisah  Nabi  Sulaiman yang tertera dalam sejarah Habeshan, Injil, dan Al-Quran.

Ia diyakini  pemimpin kerajaan kuno Sheba. Wilayah kekuasaannya meliputi Ethiopia dan Yaman di era modern. Seperti dimuat situs sains, Discovery.com,  15 Februari 2012,  tambang emas Sang Ratu ditemukan tersembunyi di  sebuah bukit di dataran  Gheralta, utara Ethiopia. Sebuah lokasi tambang  yang belum pernah dieksplorasi sebelumnya, di teritorial kerajaan Sheba  yang pernah  berkuasa selama 3.000 tahun.

"Salah satu yang saya sukai dari arkeologi adalah, kemampuannya  berhubungan  dengan legenda dan mitologi. Fakta bahwa kami mungkin  menemukan tambang  Ratu Bilqis sangat luar biasa," kata  Louise  Schofield, arkeolog  sekaligus kurator museum Inggris, kepada The Observer.

Berdasarkan  Perjanjian Lama, Ratu Sheba / Ratu Saba menempuh perjalanan panjang  dari  kerajaannya yang misterius untuk menemui Raja Sulaiman di  Yerusalem.  Ratu itu membekali diri dengan para pengiring, unta yang  membawa muatan  sarat rempah, emas, dan batuan berharga.

Bertemu  dengan Sulaiman, Ratu Sheba terpukau dengan kebijaksanaan Sang  Nabi,  juga kemegahan kerajaannya. Sebelum pergi, ia memberi hadiah 120  talen  emas, atau setara dengan 4,5 ton!

Legenda menyebut, ia melahirkan anak Sulaiman. Keturunannya, Menelik, menjadi raja-raja Abyssinia.

Schofield  menemukan tambang kuno tersembunyi di balik batu 20 kaki yang  diukir  dengan gambar matahari dan bulan sabit. "Simbol dari negeri  Sheba," kata dia.

"Saya  merangkak di bawah batu, waspada dengan ular kobra yang disebut  tinggal  di sini, dan berjumpa dengan sebuah prasasti Bahasa Sheba,  bahasa yang  dipakai Sang Ratu."

Terkubur  sekitar empat meter di bawah permukaan bukit dikelilingi oleh  burung  bangkai, terowongan menampilkan simbol tengkorak kuno di pintu  masuknya.  Menurut Schofield, itu adalah pahatan Sheba.

Ia  menambahkan, keberadaan struktur tambang kuno itu tak disadari,  meski faktanya, penduduk setempat mendulang emas di sungai yang ada didekatnya.

Tak  jauh dari lokasi tambang, arkeolog menemukan sisa-sisa kolom dan  batu  halus berukir yang mungkin adalah bagian dari sebuah kuil  terkubur,  yang  diyakini didedikasikan untuk Dewa Bulan Sheba. Situs  dari medan  peperangan, lengkap dengan tulang kuno, juga ditemukan di  dekatnya.

Ukuran  yang tepat dari tambang, yang pintu masuk terhalang oleh batu  besar,  belum ditentukan. Namun, uji yang dilakukan oleh seorang pencari  emas mengarah ke dugaan, ada ruang luas di bawah tanah, dengan  terowongan  yang cukup besar untuk dilalui dengan berjalan kaki.

Penggalian situs besar-besaran akan dilakukan setelah Schofield mendapatkan sumber pendanaan yang diperlukan.



Para Ahli Genetika Temukan Jejak Ratu Balqis

Para ilmuwan yang berhasil membongkar DNA orang-orang Ethiopia  modern menemukan berbagai petunjuk yang mengarah pada kebenaran legenda Ratu Sheba,yang dalam tradisi Islam juga dikenal dengan Ratu Balqis.

Dalam hikayat disebutkan bahwa Ratu Sheba mengunjungi Jerusalemdan memiliki anak, Menelik, dengan Raja Sulaiman dari Israel, sekitar 3.000tahun yang lalu.

Para peneliti genetika  dari Inggris dan Ethiopia mengatakan genom orang-orang Ethiopia sangat  mirip dengan orang-orang Israel dan Suriah dan percampuran genetika diketahui dimulai kira-kira 3.000 tahun lalu.

Profesor Chris Tyler-Smith, pakar dari Inggris yang melakukan penelitian mengatakan, genetika bisa menjadi petunjuk kejadian sejarah.

"Dengan menganalisis genetika orang-orang Ethiopia dan beberapa orang dari kawasan Afrika lain, kita  bisa mengetahui bahwa gen masuk keEthiopia sekitar 3.000 tahun lalu dan  ini sesuai dengan hikayat Ratu Sheba," papar Tyler-Smith.

Sejarah Migrasi Manusia

Luca Pagani, pakar dari Universitas Cambridge yang juga terlibat dalampenelirian ini menambahkan, "Bukti genetika yang kami temukan jelasmendukung kebenaran legenda Ratu Sheba."

Mengomentari  temuan ini, Dr Sarah Tishcoff dari Jurusan Biologi danGenetika  Univeristas Pennsylvania, Amerika Serikat, mengatakan, Ethiopia  akan menjadi kawasan penting untuk diteliti di masa depan.

"Penelitian  ini mengungkap sejarah Ethiopia, baik di masa sekarangmaupun di masa  lalu. Kawasan Ethiopia memainkan perang penting dalam sejarah migrasi manusia," kata Tishcoff.

Legenda Ratu Sheba dan Raja Sulaiman tercantum dalam buku Ethiopia, Kebra Nagast atau Kejayaan Raja-Raja, yang ditulis pada abad ke-13.

Nama Ratu Sheba atau Ratu Balqis juga disebut di Injil dan Quran.


Namun KH. Fahmi Basya berpendapat lain, berikut penjelasan dan alasannya:

Berdasarkan hasil riset Lembaga Studi Islam dan Kepurbakalaan yang dipimpin oleh KH. Fahmi Basya, dosen Matematika Islam UIN Syarif Hidayatullah, ternyata Candi Borobudur adalah bangunan yang dibangun oleh Tentara Nabi Sulaiman termasuk didalamnya dari kalangan bangsa Jin dan Setan yang disebut dalam Alqur’an sebagai Arsy Ratu Saba. Sejatinya Prince Of Saba atau Ratu Balqis adalah Ratu Boko yang sangat terkenal dikalangan masyarakat Jawa, sementara patung-patung di Candi Borobudur yang selama ini dikenal sebagai patung Budha, sejatinya adalah patung model bidadara dalam sorga yang menjadikan Nabi Sulaiman sebagai model dan berambut keriting.

Hasil riset tersebut juga menyimpulkan bahwa Suku Jawa disebut juga sebagai Bani Lukmankarena menurut karakternya suku tersebut sesuai dengan ajaran-ajaran Lukmanul Hakimsebagaimana tertera dalam Alqur’an. Perlu diketahui bahwa satu-satunya nabi yang termaktub dalam Alqur’an, yang menggunakan nama depan SU hanya Nabi Sulaiman dan negeri yang beliau wariskan ternyata diperintah oleh keturunannya yang juga bernama depan SU yaitu Sukarno, Suharto, dan Susilo serta meninggalkan negeri bernama Sleman di Jateng (Jawa Tengah). Nabi Sulaiman mewarisi kerajaan dari Nabi Daud (baca: ayahnya) yang dikatakan didalam Alqur’an

dijadikan Khalifah di Bumi (menjadi Penguasa Dunia dengan Benua Atlantis sebagai Pusat Peradabannya), Nabi Daud juga dikatakan raja yang mampu menaklukkan besi (membuat senjata dan gamelan dengan tangan, beliau juga bersuara merdu) dan juga menaklukkan gunung hingga dikenal sebagai Raja Gunung. Di Nusantara ini yang dikenal sebagai Raja Gunung adalah SYAILENDRA, menurut Dr. Daoed Yoesoef nama Syailendra berasal dari kata saila dan indra, saila = gunung dan indra = raja.


Negeri saba’ yang dahulu di kuasai Ratu Bilqis, jaman Nabi Sulaiman mungkinkah Indonesia yang dimaksud ? Didalam alquran ayat 18 surat SABA (34) kita disuruh untuk melakukan perjalanan ke Saba.

“Berjalanlah padanya beberapa malam dan siang dengan aman (QS.34 ayat 18)”

Ada yang mengatakan bahwa Negeri Saba itu adalah Indonesia dengan pusat pemerintahan di Jawa dan Arsy Saba yang dipindahkan atas perintah Nabi Sulaiman adalah Borobudur yang dipindahkan dari Ratu Boko, yang selama ini orang mengira adalah di Yaman.

Ada beberapa point yang menjadi bukti berdasarkan Alquran bahwa Saba itu adalah di pulau Jawa dan bukan di Yaman.

Di ilmu sejarah kita Candi Borobudur didirikan pada abad ke 7 tapi menurut teori paruh waktu bahwa penelitian terhadap batu tersebut tidak bisa dihitung
umurnya dengan Isotop C .

Sehingga bisa ditarik hipotesa bahwa Borobudur tidak dibuat pada abad ke 7.

Mengenai fenomena 19

Kita semua tidak memungkiri bahwa fenomena 19 di dalam Al-Quran itu berasal dari kalimat Bismillaahhirrahmaanirrahiim yang terdiri dari 19 huruf .Kalimat ”Bismillaahhirrahmaanirrahiim” ini yang memperkenalkannya kepada kita adalah Nabi Sulaiman. Ketika dia berkirim surat kepada Ratu Saba’ Kop Surat dari Surat Sulaiman itu adalah kalimat “Bismillaahhirrahmaanirrahiim”.

Isi suratnya adalah :”Allaa ta’luu ‘alaiyya, wa’tuunii muslimin” (Jangan menyombong kepada ku dan datanglah kepada ku dengan menyerah diri”. Jadi, dapat dikatakan bahwa Fenomena 19 itu sudah diketahui oleh Nabi Sulaiman. Sebab itu di Borobudur ada Fenomena 19.

Karena yang membuat Borobudur itu bukan manusia saja, tetapi juga Jin, maka segaris lurusnya tiga candi Borobudur, Pawon dan Mendut, bukanlah hal yang kebetulan. Karena Jin bisa melihatnya dari atas.

Untuk apa mereka membuat ketiga candi itu (Candi Borobudur, Candi Pawon, Candi Mendut) segaris lurus?

Jawabannya adalah untuk membuat gambar Gerhana. Dengan demikian mereka memberitakan bahwa Borobudur itu gambar Matahari, Pawon adalah gambar Bulan, dan Mendut adalah gambar Bumi. Itu diibaratkan Mendut mewakili manusia. Sebab di sana ada sebuah patung manusia sebagai wakil penduduk bumi, yaitu manusia.

Mengapa Borobudur itu gambar matahari ? karena si Ratu Saba’ itu dulunya kan menyembah matahari, jadi ‘Arsy dia itu ada nuansa mataharinya.

Mengapa candi-candi itu menggambarkan Mihrab-Mihrab? Ya dikarenakan di dalam Al-Quran, jin-jin yang bekerja atas paksaan Sulaiman itu, mereka membuat mihrab-mihrab

“12. Dan untuk Sulaiman, angin bertiup pada pagi hari sebulan dan bertiup pada petang hari sebulan. Dan kami alirkan baginya mata air dari tembaga, dan kami mudahkan sebagian dari Jin bekerja di hadapannya dengan izin Tuhannya, dan siapa dari mereka berpaling dari perintah kami, niscaya kami rasakan baginya dari azab api yang bernyala.

13. Mereka kerjakan untuknya apa yang ia kehendaki dari Mihrab-Mihrab dan Patung-patung dan Piring-piring seperti Kolam-Kolam dan Kuali-Kuali yang tetap”(Al-Quran, surat Saba’, ke 34 ayat 12-13) 
Negeri Saba (Ratu Bilqis) dari Tanah Jawa Versi KH. Fahmi Basya 1
 
 
Negeri Saba (Ratu Bilqis) dari Tanah Jawa Versi KH. Fahmi Basya 2

Negeri Saba (Ratu Bilqis) dari Tanah Jawa Versi KH. Fahmi Basya 3

Keraguan Temuan Fahmi Basha :   

- “Budha sendiri lahir 500 SM, sedangkan Salomon (Nabi Sulaiman) sekitar 975-935 SM” Jadi, duluan Budha daripada nabi Sulaiman, berarti Borobudur umat Budha" (wikipedia.com)

- Ratu Sheba, (Bahasa Arab Malikat sabaa ملكة سبأ , Nigist Saba Bahasa Amharik: ንግት ሳባ), mengacu pada Kitab Suci agama Yahudi, Perjanjian Baru, Al-Qur'an, dan sejarah Ethiopia, adalah penguasa Sheba, sebuah kerajaan kuno di mana arkeologi modern memperkirakan bahwa tempatnya sekarang adalah Eritrea, Ethiopia atau Yaman. Namanya tidak disebutkan dalam teks Alkitab, dalam tradisi Ethiopia ia disebut dengan Makeda (kemungkinan berarti, "bukan cara ini / bukan demikian"), dan dalam tradisi Islam namanya adalah Bilqis. Nama lain untuknya adalah Nikaule atau Nicaula.(wikipedia.com)

- Studi arkeologi modern mendukung pandangan bahwa kerajaan Sheba Alkitab adalah kuno Semit peradaban Saba di Arabia Selatan, di Yaman , antara 1200 SM sampai 275 Masehi dengan ibukotanya Marib . Kerajaan jatuh setelah perang sipil yang panjang tapi sporadis antara beberapa dinasti Yaman mengklaim kerajaan,yang mengakibatkan munculnya akhir Kerajaan Himyarite.

Deskripsi serupa di Alkitab Ibrani yang ditemukan di Strabo tulisan dan Asyur sejarah tentang Shabiin. Peradaban mereka membentang sejauh Aqaba dengan koloni kecil untuk melindungi rute perdagangan, koloni ini termasuk Yatsrib dan pusat Arab kerajaan Kindah dan utara Ethiopia di mana para arkeolog menemukan sebuah kuil kuno yang didedikasikan untuk Sabaean kepala dewa El-Maqah Studi tentang sejarah dan budaya kerajaan ini masih tambal sulam. Terutama kronologi peristiwa sejarah dan raja-raja yang terkenal karena ketidakstabilan di Yaman (http://en.wikipedia.org/wiki/Sheba)


- Dalam Alkitab, Josephus, dan Talmud. Menurut Yosefus, dia adalah ratu Mesir dan Ethiopia, dan dibawa ke Palestina spesimen pertama balsam, yang tumbuh di Tanah Suci dalam waktu sejarawan ("Ant." Viii. 6, § § 5-6). Negara di mana ia memerintah biasanya seharusnya telah distrik Saba di Arabia selatan, tetapi meskipun eksplorasi menyeluruh oleh wisatawan terbaru dan ulama, tidak ada referensi ke Ratu Sheba telah ditemukan di berbagai prasasti Sabean. R. Jonathan (c. 250 CE ) Menegaskan bahwa frase tidak mengacu pada Ratu, tapi untuk kerajaan, dan karenanya untuk seorang raja, yang kontemporer dikatakan telah Ayub (BB 15b). (Sumber : http://www.jewishencyclopedia.com/articles/13515-sheba-queen-of)




Posting Komentar

0 Komentar